Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019

Persepsi Keamanan dan Sikap Terhadap Produk Berperan Dalam Pembelian Aktual Pasta Gigi Halal

Septi Kurnia Prastiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa variabel yang dapat meningkatkan pembelian actual (Actual purchase) pada produk pasta gigi Enzim . Beberapa variabel yang yang diduga dapat mempengaruhi pembelian aktual adalah persepsi keamanan, sikap dan niat pembelian. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi konsumen  pasta gigi Enzim di Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 100 responden, dengan pengambilan sampel purposive sampel, dan kuisioner dengan 15 indikator pertanyaan. Hasil uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik mendukung untuk melanjutkan penelitian. Hasil uji path analysis mendapatkan hasil bahwa variabel Persepsi kemanan produk dan sikap berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian dan pembelian actual. Niat pembelian juga berpengaruh signifikan terhadap pembelian actual. Untuk menguji apakah variabel niat pembelian  dapat menjadi variabel mediator antara sikap dengan pembelian aktual , dibuktikan dengan hasil uji sobel test yang menemukan bahwa variabel niat pembelian signifikan sebagai variabel mediator.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...