Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education)
Vol 1, No 1 (2019): APRIL 2019

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe MM dan TGT dengan bantuan Powerpoint

Ayu Puspita Sari (Universitas Negeri Medan)
Lisnawaty Simatupang (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Make a Match (MM) dan Teams Games Tournament(TGT) dengan bantuan PowerPoint pada pokok bahasan koloid. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas reguler dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model kooperatif tipe MM dengan bantuan powerpoint dan pada kelas eksperimen II diberikan pengajaran dengan model TGT dengan bantuan powerpoint. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas MM memiliki rata – rata nilai pre-tes 51,44 + 17,85 dan post-tes87,62+6,25 dengan rata – rata gain sebesar 73,53%. Sedangkan siswa pada kelas TGT memiliki rata – rata nilai pre-tes 45,25+14,24 dan post-tes83,94+5,58 dengan rata – rata gain sebesar 69,46%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 2,80  sedangkan ttabel = 1,994 untuk α = 0,05 dan db = 78, sehingga thitung>ttabel. Maka Ha diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe MM dengan bantuan powerpoint dengan model TGTdengan bantuan powerpoint yaitu sebesar 4,07%. Berdasarkan perbandingan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa hasil belajar yang tertinggi yaitu dengan pembelajaran menggunakan model MM.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia ini berisi tentang inovasi pembelajaran dan pendidikan kimia, pengembangan media pembelajaran, model pembelajaran dan penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan ...