Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Repetisi)
Vol 4, No 1 (2021): REPETISI VOLUME 4 NOMOR 1

Ekranisasi Novel Serendipity Karya Erisca Febriani ke Bentuk Film Serendipity Karya Indra Gunawan serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Fitriya Ningrum (Unknown)
Mursia Ekawati (Unknown)
Dzikrina Dian Cahyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kekecewaan di dalam benak pembaca dan penonton karena munculnya perbedaan yang menonjol serta jauh dari imajinasi pembaca sebelum novel difilmkan. Selain itu, isi di dalam novel memuat fenomena remaja mengenai kasus perudungan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyampaian amanat kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menemukan bentuk ekranisasi pada alur, latar, dan tokoh dalam novel ke film Serendipity; (2) menghasilkan modul Bahasa Indonesia untuk kelas XII SMA mengenai analisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik baca, simak, dan catat sebagai pengumpulan data, serta dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Penelitian ini menghasilkan 65 data ekranisasi baik penciutan, penambahan, maupun perubahan bervariasi yang diformulasikan sebagai modul pembelajaran sastra kelas XII SMA.Kata Kunci: Ekranisasi, Novel, Film, Unsur Intrinsik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

repetisi

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan keilmuan bidang pendidikan, bahasa, ...