ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 4 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SD NEGERI 011 TITIAN RESAK

SUSIYANTI SUSIYANTI (SD Negeri 011 Titian Resak)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Bagaimanakah cara agar peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan berfikir kritis dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran apakah, selain ceramah dan metode penugasan yang bersifat teoritis dan hanya menyalin dari buku teks dalam hal ini hingga terwujud kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 011 Titian Resak, Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (76,19%), siklus III (90,48%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada proses pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan metode Discovery Learning melalui pendekatan saintifik.. Diharapkan siswa kelas II SD Negeri 011 Titian Resak dapat memahami materi kalimat ajakan dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS). Dengan menggunakan model dan pendekatan pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai salah satu motivasi peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...