ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 4 (2021)

PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN BAGI SISWA KELAS VI SDN 015/VIII SUNGAI BENGKAL

SUSMARNI SUSMARNI (SD Negeri 015/VIII Sungai Bengkal Kabupaten Tebo Provinsi Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan mendeskripsikan siswa kelas VI SD Negeri 015/VIII Sungai Bengkal Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes mendeskripsikan lisan dan tes tertulis, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rata-rata kelas 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mendeskripsikan dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsikan siswa kelas VI SD Negeri 015/VIII Sungai Bengkal Kabupaten Tebo. Berdasarkan hasil kemampuan mendeskripsikan siswa dengan menggunakan media buku cerita bergambar pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh data 62,35%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh hasil 63,3%. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75%. Maka berdasarkan data pada siklus 1 baik pertemuan 1 dan 2 belum mencapai 75%. Oleh sebab itu, penelitian ini berlanjut pada siklus 2. Selanjutnya pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh 83,3% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 85,5%. Berdasarkan analisis pada siklus 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsikan siswa kelas VI SD Negeri 015/VIII Sungai Bengkal Kabupaten Tebo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...