REMIK : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer
Vol. 6 No. 1 (2021): Call For Papers Volume 6 No 1 Oktober 2021

Prediksi Customer Churn Pada Bisnis Retail Menggunakan Algoritma Naïve Bayes

Yulianto, Agus (Unknown)
Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Perusahaan retail seperti toko dan sejenisnya pada umumnya memiliki data customer yang menjadi anggota belanja dengan tujuan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara customer dan toko, namun data customer seringkali tidak dikelola dan dianalisa dengan baik sehingga menyebabkan customer retail berhenti belanja di toko tersebut atau berpindah ke toko lain. Untuk dapat memprediksi kehilangan pelanggan, dibutuhkan model algoritma yang dapat memprediksi customer churn dengan akurat dan presisi. Untuk melakukan prediksi, maka dibuat model algoritma dengan naïve bayes dengan tujuan untuk memprediksi kemungkinan customer churn sehingga toko dapat melakukan tindakan preventif. Data customer diambil dengan klasifikasi yaitu jenis kelamin, grade point, kepemilikan kartu kredit, rentang usia, nilai rata-rata transaksi dan lama menjadi anggota. Data training dan testing dimasukkan ke dalam pemodelan naïve bayes dengan menghasilkan akurasi 80%. Naïve bayes terbukti dapat memprediksi kemungkinan customer churn berdasarkan data dan klasifikasi sehingga hasilnya dapat menjadi pendukung keputusan bisnis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

remik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis ...