Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa SD bidang studi IPA di tengah pandemi covid-19 dengan pembelajaran daring melalui praktikum berorientasikan lingkungan sekitar rumah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif, di mana kelas V SD Negeri 1 Tampaksiring sebagai subyek penelitian. Data motivasi belajar IPA siswa dikumpulkan dengan teknik non-tes menggunakan angket ssebanyak 30 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan gradulasi penilaian, yaitu sangat baik (5), baik (4), kurang baik (3), tidak baik (2) dan sangat tidak baik (1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa SD pada bidang studi IPA secara keseluruhan berkreteria cukup baik. Dari 30 orang siswa SD kelas V, 8 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria baik dengan persentase 27% dan 22 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria cukup baik dengan persentase 73%.
Copyrights © 2021