Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperatif type picture a picture pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Tangeban Kabupaten Banggai yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil Penelitian menemukan 1) Hasil belajar pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type picture a picture, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, 3) Siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajarnya lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type picture a picture. 4) Siswa yang menggunakan model pembelajaran coopertative type picture a picture yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajarnya lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018