BioCONCETTA
Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4

IMPLEMENTASI FIELD TRIP DENGAN BERBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Saefudin, Saefudin (Unknown)
Permana, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan pembelajaran field trip dengan strategi terfokus dan setengah fokus pada keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian pre-and posttest yang melibatkan 28 siswa dari dua kelompok10 jenjang SMA sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan cluster random sampling dibagi menjadi dua kelompok penelitian (kelompok eksperimen dan kelompok pembanding). Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal keterampilan berpikir kritis sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis meningkat secara moderat, baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok pembanding. Disimpulkan bahwa pembelajaran field trip berbasis strategi terfokus dan terfokus sedangmampu menstimulasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Copyrights © 2020