Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar melalui penerapan media kartu soal dan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran Teams games Tournamet. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random sampling. Dari empat kelas dipilih dua kelas sebagai yaitu X MIPA 1 kelas Eksperimen I dan X MIPA 2 kelas Ekperiment II. Instrumen yang digunakan merupakan instrument non tes berupa lembar aktivitas yang diisi oleh observer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak untuk menentukan perbedaan aktivitas dengan menerapkan media yang berbeda di dua kelas yang berbeda. Berdasarkan uji statistik parametrik, uji hipotesis I aktivitas menggunakan uji t dua pihak (dua pihak) dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 2.31 > 2.002,berarti H0 ditolak Ha diterima. Hasil dari uji parametric bahwa ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar melalui penerapan media kartu soal dan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran Teams Games Tournament. Kata kunci: Kartu Soal, Teams Games Tournament, lembar kerja siswa, aktivitas belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021