Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 5, No 3 (2021)

Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya

Muhammad Novaldy Nur Dwinanda Wahab (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Maya Istyadji (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)
Rizky Febriyani Putri (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya berdasarkan penilaian para validator. Modul pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan 4D. Tetapi, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi modul pembelajaran berbasis literasi sains, yang telah di validasi oleh lima orang validator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas isi menurut Aiken’s V. sedangka kriteria valid yang digunakan berdasarkan tabel Aiken’s V adalah nilai indeks V yang didapat minimal berjumlah 0.87. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis literasi sains memiliki tingkat validitas yang sangat baik ditinjau dari lima aspek: 1) kelengkapan penyajian buku memperoleh skor 0.96 kriteria sangat valid, 2) kelayakan isi memperoleh skor 0.90 kriteria sangat valid, 3) teknik penyajian memperoleh skor 0.98 kriteria sangat valid, 4) bahasa memperoleh skor 0.93 kriteria sangat valid, dan 5) literasi sains memperoleh skor 0.84 juga dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid pada kelima aspek tersebut. Peneliti berkeyakinan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan ini dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan diharapkan dengan modul pembelajaran yang dikembangkan ini peserta didik juga dapat memahami dan menguasai pembelajaran IPA terpadu dengan lebih mudah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...