Card Game adalah salah satu media pembelajaran yang dikembangkan berbasis Learning Progress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi Plantae Card Game , sebagai media pembelajaran interaktif pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMP. PCG yang dikembangkan berdasarkan model IPO ( Input, Process, Outcome ) dan memiliki karakteristik berbasis perkembangan pembelajaran, mengangkat kasus kontekstual tumbuhan disekitar siswa. Uji dilakukan dengan memberikan kuesioner online kepada responden guru IPA SMP, mahasiswa semester akhir Pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi (N=214). Instrumen jumlah 32 item, disusun dengan aplikasi google form .Uji validitas dan realibilitas instrumen menunjukan bahawa instrumen menunjukkan valid dan reliabel dengan nilai alpha cronbach nilai reliabilitas sebesar 0,92 yang berarti sangat bagus. Respon guru dan mahasiswa terhadap media PCG menunjukkan bahwa guru dan mahasiswa lebih banyak menjawab setuju terhadap semua item pada kuesioner. 214 responden dengan reliabilitas orang 0,90 dan reliabilitas item 0,91 dapat dikatakan bahwa konsentrasi jawaban responden dan kualitas butir pernyataan dalam instrumen sekali. Hasil penilaian responden menunjuukan persentase menjawab setuju sebesar 53,31% dan sangat setuju sebesar 41,39%.Penilaian PCG banyak disetujui oleh responden sehingga media PCG layak untuk diujicobakan kepada siswa SMP untuk mengetahui efektifitas penggunaanya
Copyrights © 2021