Bahan ajar merupakan salah satu elemen penting yang mempengaruhi kesuksesan proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu berbentuk modul. Bahan Ajar berbasis saintifik merupakan bahan ajar yang didalamnya mengandung tahapan-tahapan saintifik 5M diantaranya tahapan Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, dan Mengkomunikasikan. Penelitian Pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks persuasif dengan melalui pendekatan Saintifik untuk siswa kelas VIII SMP. Model penelitian yang digunakan pada pengembangan ini adalah model pengembangan Reseacrh and Development (R&D) Borg & Gall. Model Penelitian tersebut meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) Pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Menurut Sugiyono (2016:254) menyatakan bahwa statistik deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasif pada siswa.
Copyrights © 2021