ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 5, No 2 (2021): Oktober

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening

Isnaini Rahayu Mahmudah (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Umi Farida (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Siti Chamidah (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja guru di SMA Negri 3 Ponorogo melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada lokasi penelitian SMA Negri 3 Ponorogo dengan populasi 62 guru dan menggunakan teknik sensus atau sampling jenuh dalam pengambilan sampel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kinerja, adanya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, adanya pengaruh signifikan dan positif antara kompetensi dengan kepuasan kerja, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja secara positif dan signifikan, serta adanya pegaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kompetensi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja secara simultan.Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Kinerja, Kepuasan Kerja.

Copyrights © 2021