Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 5, No 2 (2021)

FACTORS OF KNOWLEDGE SHARING BETWEEN STUDENTS FACULTY OF EDUCATION AND TEACHER TRAINING UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Khairan AR (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Misa Rahma Yanti (Unknown)
Nazaruddin Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kemampuan knowledge sharing dan melihat bagaimana pengaruh knowledge sharing antar mahasiswa. Subjek penelitian yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan angakatan tahun 2016 UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berjumlah 300 orang. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner online dengan media google form. Sementara itu, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif  yang menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui software Smart-PLS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan 3 faktor yang meningkatkan kemampuan knowledge sharing dengan persentase 43.65%, 43.38% dan 40.82% berturut-turut merupakan  faktor organisasi, faktor budaya, dan faktor teknologi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan analisis koefisien determinasi PLS sebesar 44.1% yang dapat disimpulkan bahwa budaya, reward, sikap, senang membantu, kaidah timbal balik dan teknologi mempengaruhi kemampuan knowledge sharing mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...