Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
Vol. 6 No. 1 (2021): Warta Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 01 Bukik Limbuku Melalui Metode Suku Kata

Asmira (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Belajar konstruktivisme mengisyaratkan bahwa guru tidak memompakan pengetahuan ke dalam kepala pembelajar, melainkan pengetahuan diperoleh melalui suatu dialog yang ditandai oleh suasana belajar yang bercirikan pengalaman dua sisi. Menurut Semiawan (2002:5), bahwa “Penekanan bukan pada kuantitas materi, melainkan pada upaya agar siswa mampu menggunakan otaknya secara efektif dan efisien sehingga tidak ditandai oleh segi kognitif belaka, melainkan oleh keterlibatan emosi dan kemampuan kreatif”. Dengan demikian proses belajar membaca perlu disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan siswa. Dalam hal ini guru tidak hanya sekedar melaksanakan apa yang ada dalam kurikulum, melainkan harus dapat menginterpretasi dan mengembangkan kurikulum menjadi bentuk pembelajaran yang menarik. Menurut Rubin (Dalam Rofiudin, 2003:52), “ Pembelajaran dapat menarik apabila guru menggunakan “Metode Suku Kata”. Metode dapat berarti cara yang dianggap efisien yang digunakan guru untuk menyampaikan mata pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Dengan metode suku kata dapat mempercepat proses penguasaan kemampuan membaca permulaan karena siswa tidak lagi mengeja huruf demi huruf, sehingga tidak memakan waktu yang lama untuk menguasai berbagai macam kata. Dengan demikian metode suku kata ini adalah untuk membantu anak yang cepat bosan dalam belajar ataupun anak cerdas pasti akan merasa bosan apabila materi pelajaran yang sama dalam kurun waktu yang terlalu lama. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata ini sederhana karena medianya berupa suku kata mudah dibuat dan dioperasikan oleh guru maupun siswa sendiri sehingga sangat tepat digunakan untuk siswa Sekolah Dasar kelas 1. Dengan potongan kartu suku kata guru dapat dengan mudah menggabungkan suku-suku kata menjadi sebuah kata dan kalimat sederhana. Penelitian yang dilakukan di di kelas 1 SDN 01 Bukik Limbuku semester I tahun pelajaran 2017/2018 ini, dengan menggunakan metode suku kata yang dilaksanakan pada siklus I nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 62,50 menjadi 71,43. Nilai rata-rata kelas sudah mencapai criteria minimum yang telah ditetapkan, tetapi persen ketuntasan masih kurang dari 80 %. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 81,43 dan persen ketuntasan sudah melebihi persen ketuntasan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan ...