Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DIAGNOSTIK UNTUK MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI SISWA MATERI ELASTISITAS

Wahyudi, Farizal (Unknown)
Didik, Lalu A. (Unknown)
Bahtiar, Bahtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen diagnostik Thre Tier Test untuk menganalisis tingkat pemahaman dan miskonsepsi peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Pengembangan dilakukan dengan tahap a) studi pendahuluan, b) perancangan draft produk, c) pengembangan produk. Pada tahap pengembangan produk dilakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukan instrument yang dikembangkan sangat valid yang ditunjukan dengan nilai persentase kevalidan instrument Three Tier Test sebesar 88,21 % dan validasi angket respon siswa sebesar 90,83 % sehingga tergolong kategori sangat valid. Nilai kepraktisan instrumen Three Tier Test ditunjukan oleh besar nilai persentase angket respon siswa yang mencapai 87,875 dan tergolong kategori sangat praktis. Instrumen yang dikembangkan berhasil mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa dengan nilai persentase sebesar 58,33 %  dan siswa paham konsep sebesar 13,33 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...