Kurikulum merupakan pondasi yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD. Namun kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan Indonesia sehingg pembelajaran dilakukan secara Belajar Dari Rumah (BDR). Perubahan kurikulum pun di buat untuk penyesuaian. Sehingga perlu pemahaman dan strategi guru dalam merancang kurikulum agar pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan terlaksana sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak Kecamatan Sungai Beremas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) kurikulum 2013 di sesuaikan dengan masa Pandemi Covid-19; 2) pembelajaran dilakukan tidak secara tatap muka di sekolah tetapi pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara BDR di rumah guru dengan jumlah anak maksimal 5 orang; 3) pada muatan pembelajaran disederhanakan dan waktu belajar juga disederhanakan menjadi 1 jam belajar; 4) kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu anak terlihat kurang antusias dalam pembelajaran karena kurangnya interaksi bermain anak dan media dan alat bermain. Hal ini diakibatkan karena fasilitasnya kurang memadai
Copyrights © 2021