Sistem manajeman berbasis madrasah muncul sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan berbasis Islam di seluruh kalangan masyarakat. Penelitian ini dilakukan berbasis pada dua tujuan. Pertama adalah melakukan studi literatur untuk konsep manajemen berbasis Madrasah. Ketuda adalah melakukan studi fenomenologi untuk mengungkap bagaimana penerapan manajemen berbasis Madrasah dalam kurikulum di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Berlandaskan pada metode kualitatif, data yang dikumpulkan dari hasil studi literatur, wawancara, dan observasi dianalisa menggunakan model interaktif. Studi literatur menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan MBM semua komponen Madrasah harus meningkatkan kinerja dan profesionalisme kerja dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah. Selanjutnya, studi fenomenologi mengungkap bahwa dalam rangka mengimplementasikan manajemen berbasis Madrasah ke dalam kurikulum Islam terpadu, SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong melibatkan semua unsur yang ada mulai dari kepala Madrasah, orang tua, masyarakat, pengelola sarana prasarana serta unsur terkait lainnya. Pelibatan semua pihak tersebut selanjutnya diarahkan agar berkontributsi dalam penataan konsep pembelajaran yang memadukan ilmu Islami dengan ilmu umum. SMPIT sudah menjalankan konsep manajemen berbasis madrasah dalam kurikulum Islam terpadu dari semua elemen pendidikan, baik dari perencaan, penataan materi ajar, pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan sekolah, sampai pada evaluasi pembelajaran.
Copyrights © 2021