Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk hasil kerja Narapidana Lapas Kelas I Cipinang dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Opportunities, Threat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung di lapangan dengan memantau program bimbingan kerja dan proses pemasaran produk hasil kerja Narapidana. Pengumpulan data juga diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa petugas pada bidang bimbingan kerja di Lapas Kelas I Cipinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukannya penelitian menggunakan analisis SWOT, maka dapat menggunakan beberapa alternatif strategi-strategi sebagai berikut, yaitu strategi SO : menjaga hubungan yang baik dengan pihak ketiga, memanfaatkan SDM yang ada, dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pemasaran, strategi ST : memanfaatkan sosial media untuk proses pemasaran secara online dan menggunakan bahan baku secara optimal, strategi WO : meningkatkan teknologi produksi untuk memenuhi permintaan pasar, menambah pengetahuan pada kemampuan manajerial dan meningkatkan media promosi, strategi WT : mencari pinjaman modal untuk memulai proses produksi dan memaksimalkan kualitas produk.
Copyrights © 2021