JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Group Work Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 04 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok

Sudirman, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn kelas VI SDN 04 Kampung Batu Dalam. Hal ini diduga karena guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa dalam belajar. Akibatnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa sewaktu Ulangan Harian (UH) masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75, sedangkan nilai rata-rata UH PKn yang diperoleh siswa kelas VI baru hanya 65. untuk meningkatkan hasil belajar PKN terebut dipilih penggunaan metode Group Work. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKN denga menggunakan metode Group Work di kelas VI SDN 04 Kampung Batu Dalam. Teori yang mendukung penelitian ini diantaranya teori tentang hakikat hasil belajar, hakikat pembelajaran PKn, penggunaan metode Group Work, dan penilaian kegaitan pembelajaran. Metode peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah kelas siswa VI SDN 04 Kampung Batu Dalam pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I kesiklus II meningkat hal itu dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I 75 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II meningkat menjadi 80,6. Kemudian juga terjadi peningkatan siswa ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 10 orang (62,5%) dan tidak tuntas 6 orang (37,5%). Kemudian pada siklus II yang tuntas naik menjadi 14 orang (87,5%) dan yang tidak tuntas hanya 2 orang (12,5%). Hal ini membuktikan penggunakan metode group work pat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 04 Kampung Batu Dalam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...