JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih

Hariadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Upaya sekolah meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 4 Tanah Putih antara lain melalui IHT, bimbingan teknis maupun workshop yang bertujuan memberikan bekal kepada guru dalam rangka pembelajaran daring. Diharapkan dengan adanya IHT, bimbingan teknis maupun workshop dapat meningkatkan kemampuan guru secara profesional dalam proses mengajar daring. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah IHT, bimbingan teknis dan workshop dapat meningkatkan kompetensi profesional guru-guru di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Untuk mengetahui bagaimana proses IHT, bimbingan teknis dan workshop dilakukan di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS), dengan subjek penelitian guru-guru SMA Negeri 4 yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket dan dukumentasi. Berdasarkan data angket yang telah diperoleh selanjutnya ditentukan analisis data. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah pelatihan yang dilakukan bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam proses belajar-mengajar daring. Hasilnya menunjukkan sebesar 76% dengan kriteria bermanfaat, guru menyatakan bahwa pelatihan-pelatihan yang diadakan disekolah memberikan manfaat untuk menambah dan meningkatkan keterampilan guru dalam proses belajar-mengajar daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...