JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Kelayakan Kulit Buah Melinjo (Gnetum gnemonLinn) Sebagai Pewarna Blush On

Oktavia , Yola (Unknown)
Minerva , Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Blush on merupakan salah satu jenis kosmetika dekoratif yang dapat digunakan untuk pewarna atau perona pipi dengan sentuhan artistik sehingga dapat meningkatkan estetika dalam tata rias wajah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kelayakan kulit buah melinjo yang digunakan sebgai pewarna dalam kosmetika blush on meliputi tekstur bush on, daya lekat blush on saat pengaplikasian, warna blush on saat pengaplikasian, aroma blush on, ketahanan blush on saat digunakan serta kesukaan panelis terhadap blush on kulit melinjo tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan data observasi, dokumentasi dan kusioner. Penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket. Analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil jadi penggunaan blush on melinjo bertekstur halus. 2) Hasil jadi penggunaan blush on melinjo kurang lekat saat diaplikasikan. 3) Hasil jadi penggunaan blush on melinjo berwaarna jelas saat diaplikasikan. 4) Hasil jadi penggunaan blush on melinjober-aroma kurang khas. 5) Hasil jadi penggunaan blush on melinjo tahan saat diaplikasikan. 6) Hasil jadi penggunaan blush on melinjo disukai oleh panelis. Disarankan agar dapat memanfaatkan penggunaan temuan blush on kulit melinjo yang menggunakan bahan pewarna alami.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...