Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 6, No 2 (2021): September

BELIEFS DAN PROFIL PEMBELAJARAN GURU MATEMATIKA SAMPEL STUDI TIMSS 2011 KELAS VIII

Ade Sunawan (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indoneisa)
Rizki Rosjanuardi (Universitas Pendidikan Indoneisa)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Standar kompetensi mata pelajaran matematika jenjang SMP menekankan kemampuan siswa mulai dari memahami konsep sampai dengan bernalar. Namun kenyataannya, berdasarkan hasil TIMSS 2011 mata pelajaran matematika kelas VIII, siswa Indonesia umumnya menunjukkan kemampuan yang baru mencapai low international benchmark, dan belum mampu bernalar dengan baik. Oleh karenanya penting untuk menemukan bukti empiris mengenai faktor-faktor kontribusi terhadap pencapaian siswa dalam TIMSS 2011 yang ditinjau dari beliefs dan profil mengajar guru. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 orang guru dari sekolah berbeda yang siswanya menjadi sampel studi TIMSS 2011 dengan capaian mewakili skor 500-550, 400-500, dan lebih kecil dari 400, serta berturut-turut disebut GSC, GSA, dan GSB. Data yang terkumpul diolah dengan pendekatan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) GSC memiliki beliefs system tentang sifat dasar pendidikan matematika yang vulgar, sedangkan GSA dan GSB adalah critical; dan (2) GSC memperlihatkan konsistensi antara beliefs dengan profil pembelajarannya, sedangkan GSA dan GSB menunjukkan kondisi yang berbeda.Kata kunci: Beliefs, guru matematika, profil pembelajaran, TIMSS 2011

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...