Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengaruh Metode Quantum Teaching dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak Sekolah Dasar

Mungkap Mangapul Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Kecakapan literasi menjadi sangat penting dalam proses perkembangan anak. Kemampuan literasi yang baik sangat membantu anak memenuhi kebutuhan masa depannya. Dengan metode quantum teaching dengan penggunaan storytelling dan permainan kata kemampuan literasi anak dapat berkembang. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh perlakuan storytelling dan permainan kata terhadap kemampuan literasi anak kelas satu SD Swasta HKBP Balige 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Sampel penelitian ini adalah kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IB sebagai kelas kontrol. Setiap kelas terdiri dari 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunaka aksidental dengan kuesioner sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang disebabkan oleh storytelling dan permainan kata terhadap kemampuan literasi anak kelas satu SD Swasta HKBP Balige 1. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai persentase nilai siswa di kelas perlakuan sejumlah 24% pada saat posttest dibandingkan pada saat pretest

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...