Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Implementasi JIM (Juris Prudential Inquiri Model) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era New Normal di Sekolah Dasar

Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Kegiatan penelitian ini menggambarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa peserta didik melalui model pembelajaran JIM pada siswa kelas IV SDN Naioni 1 Kota Kupang. Jenis penelitian PTK, dengan desain mengikuti model Mc Taggart dan Kemmis. Hasil analisis menunjukan model pembelajaran JIM mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus 1 63%, sedangkan skor pengamatan aktivitas siswa pada siklus II 81,5%. Hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa siklus I mencapai skor 41,7%. Sedangkan hasil tes keterampilan berpikir kritis pada siklus II siswa mencapai skor 91,7% masuk dalam kategori sangat kritis. Simpulan yang dihasilkan pada penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran JIM berbantuan media gambar memberikan akibat positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...