Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang Valid, Praktis dan Eefektif. Sehingga dapat membatu siswa belajar mandiri dan memahami proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian research and Development (R&D) yang merujuk pada model pengembangan 4D. Kecocokan model 4D dalam penelitian ini karena model 4D tepat digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Karena tahap-tahap yang dimiliki lebih sistematis dan terperinci mencakup semua aspek yang harus dianalisis. Model ini terdiri dari 4 langkah tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil Penelitian berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media, e-modul yang dikembangkan valid. Berdasarkan respon guru dan siswa, e-modul yang dikembangkan memiliki praktikalitas tinggi. Hasil efektivitas diketahui dari peningkatan pemahaman teori siswa serta uji efektifitas dari materi yang di ujikan dengan hasil cukup efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021