Soedirman Economics Education Journal
Vol 3 No 2 (2021)

EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Nurul Hidayat (Universitas Jenderal Soedirman)
Bambang Sunarko (Universitas Jenderal Soedirman)
Suci Indriati (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed dengan menggunakan dua aspek evaluasi model CIPP yaitu aspek process dan aspek product. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dari 149 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed TA 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring yang ditinjau dari aspek process memperoleh skor 78,24 atau termasuk dalam kategori baik, aspek product memperoleh skor 64,74 atau termasuk dalam kategori cukup, dan diketahui sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika metode yang digunakan untuk penyampaian materi, interaksi dan diskusi, dan proses asesmen menggunkan metode sinkron (synchronous), sebagian besar mahasiswa lebih nyaman mengerjakan soal atau tugas berbentuk jawaban uraian. Namun demikian, masih diperlukan perbaikan terkait kualitas kondisi jaringan, kualitas penyajian materi, dan intensitas tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed secara keseluruhan sudah berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seej

Publisher

Subject

Education

Description

Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. ...