Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan besaran iuranterhadap tingkat kolektibilitas dengan kepuasan peserta sebagai variabelintervening peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) diBPJS Kesehatan Cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan CabangManado segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di Kota Manado dengansampel sebanyak 399 orang yang diambil dengan menggunakan metodeperhitungan Slovin sebagai alat ukur. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah kuesioner dengan menggunakan instrumen skala likert. Analisis datapenelitian menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwakualitas pelayanan dan kepuasan peserta berpengaruh positif terhadap tingkatkolektibilitas iuran, sedangkan besaran premi berpengaruh negatif terhadapkolektibilitas iuran. Selanjutnya kualitas pelayanan dan besaran premi berpengaruhpositif terhadap kepuasan peserta.
Copyrights © 2021