Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo

Elly Mustapa (SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis di Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah. Disamping itu, yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi. Pada siklus I secara klasikal terdapat 14 orang siswa atau 70% mampu bercerita dan menulis. Pada siklus II kemampuan siswa bercerita dan menulis sebesar terdapat 16 orang atau 80%. Sehingga disimpulkan bahwa ”Dengan menggunakan metode karya wisata maka kemampuan bercerita dan menulis pada siswa Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah meningkat”, dengan demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...