Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metodepembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswadalam pembelajaran IPS dikelas VIII B SMP Negeri 1 Buntulia. Hal tersebutdibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajarsiswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajarsiswa adalah 61%. Pada siklus II menjadi 80% atau mengalami peningkatan sebesar 19%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. 2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 61,90% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.
Copyrights © 2021