Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar

Fatrah Kaharu (Guru SMP Negeri 1 Buntulia Gorontalo)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metodepembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswadalam pembelajaran IPS dikelas VIII B SMP Negeri 1 Buntulia. Hal tersebutdibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajarsiswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajarsiswa adalah 61%. Pada siklus II menjadi 80% atau mengalami peningkatan sebesar 19%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. 2) Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 61,90% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...