Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Rol Depan Dengan Menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas IV SDN No.85 Kota Tengah

Kartin Lahinta (SDN No.85 Kota Tengah)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan;2) pelaksanaan;3) Pengamatan;4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kogniti, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran derngan menggunakan metode permainan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran senam lantai Rol depan melalui Metode Demontrasi di kelas IV SDN No.85 Kota Tengah berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...