Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Evaluation of the Effect Of Use Smartphone On Student Learning Motivation Covid-19 Pandemic Time

Hasia Marto (Badan Litbang Tolitoli, Universitas Madako)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Wabah pandemi COVID-19 yang menimbulkan masalah dalam kehidupan masyarakat. Antara lain di bidang pendidikan yang mengakibatkan proses belajar mengajar dilaksanakan dari rumah dengan menggunakan smartphone, sehingga motivasi belajar siswa menurun. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil evaluasi pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa masa pandemi COVID-19. Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Jumlah populasi 748 orang. Pengambilan sampel melalui Simple Random Sampling dengan 30 responden, analisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan regresi linear sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan, ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19. Nilai thitung 3,336, ttabel 2,048 artinya thitung > ttabel kesimpulan H0 ditolak dan H1 dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa, karena penggunaan smartphone mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 28,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Disimpulkan penggunaan smartphone memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. disarankan sekolah memberikan pelatihan kepada siswa terkait penggunaan smartphone.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...