Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Aplikasi Metode Appreciation Reflection Creation (ARC) dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian pada Matakuliah Masalah Ketenagakerjaan

Inderasari, Oryza Pneumatica (Unknown)
Wijayanti, Ika (Unknown)
Komalasari, Maya Atri (Unknown)
Rosyadi, M. Arwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Kajian ini dihasilkan dari serangkaian proses penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif pada unit analisis masyarakat di 3 (tiga) lokasi penelitian. Penelitian dilakukan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram dengan melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PBL). Sebelum melaksanakan penelitian, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dasar berupa materi dari rancangan pembelajaran Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan sebanyak 12 kali pertemuan. Sebelum melaksanakan evaluasi akhir semester, mahasiswa dilibatkan dalam aktivitas proyek penelitian pada pada pertemuan ke 13 sampai ke 16. Penelitian lapangan, penulisan laporan penelitian hingga seminar hasil penelitian. Secara khusus mahasiswa dibekali teknik Appreciation Reflection Creation (ARC) untuk memudahkan mereka melakukan kegiatan penelitian lapangan hingga melakukan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian dari 6 kelompok yang tersebar pada 3 lokasi menunjukkan realitas yang dapat dibahas dalam tema-tema khusus pada mata kuliah masalah ketenagakerjaan, antara lain: eksploitasi pekerja di bawah umur, budaya dan organisasi kerja, modal sosial dalam kerja, sistem pengupahan dan hubungan kerja, serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pariwisata. Tantangan pembelajaran ini efektif menumbuhkan rasa percaya diri, sikap positif dan ketrampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian mahasiswa kemudian dipublikasikan oleh dosen pengajar Mata Kuliah Masalah Ketenagakerjaan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...