Penggunaan tiktok dengan intensitas akan berpengaruh terhadap pola pikir pengunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang terjadi antara penggunaan media sosial khusnya aplikasi tiktok terhadap kreativitas berpikir dikalangan generasi Z. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana serta didukung dengan teori new media. Sampel pada penelitian kali ini yakni generasi Z pengguna aplikasi tiktok yang aktif di Indonesia sebanyak 196.714.070 pengguna. Hasil Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa atensi dan penghayatan intensitas penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, Karena bedasarkan hasil signifikan keduanya memiliki hasil dibawah 5% yaitu sig = 0,013 < 5% untuk atensi dan untuk penghayatan 0,000 < 5% maka dari hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan durasi dan frekuensi intensitas penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, sebab berdasarkan hasil dari signifikannya keduanya memiliki hasi diatas 5% yaitu 0,380 > 5% untuk frekuensi dan untuk durasi 0,115> 5% maka hasil hipotesisnya H0 diterima dan H1 ditolak.
Copyrights © 2021