Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi
Vol 4 No 1 (2021): Vol 4 No 1 (2021)

CONSTRUCTION OF BEAUTY MEANING IN BEAUTY PRODUCTS ADVERTISEMENT

Silvina Novia Purwandari (Unknown)
Catur Nugroho (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Warna kulit putih dan cerah adalah salah satu faktor seorang wanita pantas untuk dikatakan cantik. Clean and Clear membuat video kampanye yang berjudul “Clean and Clear versi #IAmBright movement: Rayakan Cerahnya Ragam Warna Kulit Indonesia-Mu Bersama CLEAN & CLEAR”, dengan menampilkan tiga model wanita yang memiliki warna kulit dari putih hingga gelap. Video iklan yang dipublikasikan tersebut adalah rangkaian kampanye untuk mengembalikan kepercayaan wanita khususnya remaja yang memiliki keinginan untuk menjadi cantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce untuk melihat konstruksi makna cantik pada iklan Clean and Clear tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa makna cantik ditunjukkan melalui warna kulit model pada iklan. Iklan ini membentuk makna cantik dengan warna kulit yang beraneka ragam, namun dapat memancarkan kecantikannya dengan merawat kulit wajah dengan baik. Juga memberikan motivasi agar wanita Indonesia membentuk kepercayaan diri dengan berfikir kepada hal yang positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Elektronik Diakom adalah terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang APTIKA dan IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jurnal ini merupakan pengembangan dari majalah semi ilmiah Diakom ...