Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 1 (2021): Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM SIRKULASI

Evi Sukenti (SMA Negeri 4 Cibinong)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Laboratorium Virtual untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi  sistem sirkulasi. Laboratorium virtual ini dikembangkan sebagai salah satu alternatif solusi keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium IPA untuk kegiatan praktikum  yang mampu meningkatkan penguasaan konsep. Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah sangat mendukung untuk melaksanakan simulasi paktikum dalam bentuk laboratorium virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau Research and Development dengan desain 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Langkah pengembangan meliputi: 1) pengidentifikasian berupa analisis kebutuhan dan studi pendahuluan, 2) perancangan berupa pemilihan model, media, penyusunan tes, pemilihan format berupa flowchart dan 3) pengembangan, berupa pembuatan media dengan menggunakan macromedia flash  CS6 dan validasi ahli media, ahli materi dan pengguna media untuk menilai kelayakan media dan uji pengembangan untuk melihat efektivitas penggunaan media dalam pembelajaran serta tanggapan peserta didik terhadap efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media laboratorium virtual. Uji kelayakan media laboratorium virtual oleh ahli media sangat baik dengan prosentase 95 Persen. Hasil uji kelayakan media laboratorium virtual oleh ahli materi sangat baik dengan prosentase  82,14 Persen dan hasil uji kelayakan media oleh tenaga pendidik sebagai pengguna media katagori sangat baik dengan prosentase 94 Persen . Pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual pada materi sistem sirkulasi efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep,  ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain sebesar 31,38 Persen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagonal

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on education, teaching, and learning as well as related topics that has neither been ...