EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia

Teguh Prasetyo (Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
Zulela M.S (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Berpikir kreatif menjadi kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa pada pendidikan abad 21. Berpikir kreatif merupakan pemikiran individu untuk melakukan ide dan gagasan yang berbeda dari pola standar. Berpikir kreatif mahasiswa sangat penting dikembangkan dengan bantuan dosen dan bekal menjadi bagi calon guru sekaligus membantu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran kreatif mahasiswa dalam pembelajaran daring bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif yang dilakukan. 21 mahasiswa semester dua dijadikan sebagai subjek penelitian. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam dengan responden penelitian. Temuan penelitian berupa tiga tema utama dari hasil analisis, yakni: definisi berpikir kreatif, berpikir kreatif selama pembelajaran daring, dan strategi yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran daring bahasa Indonesia. Temuan penting dari analisis pemikiran kreatif mahasiswa adalah kemampuan individu untuk mengembangkan ide-ide baru orisinal dan cara melihat masalah menjadi peluang dengan pemikiran kreatif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...