EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021)

Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar

Ressy Monica (Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia)
Zuhar Ricky (Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia)
Estuhono Estuhono (Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Di SD 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sudah memiliki modul, namun modul yang ada belum berbasis model research based learning pada keterampilan 4C siswa. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul IPA berbasis model research based learning pada keterampilan 4C siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 08 Sitiung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket dan penyebaran tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Hasil penilaian validasi modul yang dilakukan oleh tiga para ahli mempunyai skor validasi isi 86%, validasi bahasa 79%, dan validasi konstruk 89%, dapatlah skor rata-rata validasi 85% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas modul yang dilakukan oleh guru kelas mempunyai skor 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian efektivitas modul yang dilakukan siswa mempunyai persentase 74% dengan kategori efektif. Modul pembelajaran berbasis model RBL pada keterampilan 4C dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar untuk menunjang proses pembelajaran sehingga dapat membangkitkan 4C siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...