Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 5, No 2 (2021): JURNAL LITERASI OKTOBER 2021

VARIASI URUTAN PERISTIWA DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI SMP

Ratna Wulansari (MUHAMMADIYAH SURAKARTA UNIVERSITY)
Miftakhul Huda (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Logika siswa dapat tercermin dari tulisan siswa. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran menulis yaitu menulis kembali cerita pendek. Siswa memiliki karakter dan cara berpikir sendiri yang sesuai dengan pola pikir yang diinginkan. Perbedaan pola pikir akan menimbulkan perbedaan pada hasil bentuk pemikiran. Hasil tulisan siswa akan berbeda-beda dan memiliki ciri yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan menguraikan variasi urutan peristiwa cerita pendek pada siswa kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Desain Penelitian ini adalah analisis dokumen. Data berupa urutan peristiwa cerita pendek dalam karangan siswa berdasarkan cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian adalah dokumen yang berupa karangan siswa menulis kembali cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo berjumlah 20 siswa di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Analisis data menggunakan teknik analisis jalinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi urutan peristiwa cerita pendek karangan siswa berdasarkan cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo begitu beragam terdapat 5 variasi urutan peristiwa yang terdapat dari 20 karangan siswa. Bentuk-bentuk variasi urutan peristiwa cerita pendek yaitu, Variasi urutan perisitwa yang ditemukan yaitu (1) Variasi urutan peristiwa runtut sebanyak 5%; (2)  Variasi pengurangan urutan peristiwa 55%; (3) variasi pengurangan dan penambahan urutan peristiwa 15%; (4) Variasi pengurangan dan lompatan urutan peristiwa 20%; dan (5) Variasi pengurangan, penambahan, dan lompatan urutan peristiwa 5%. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis, pembaca, guru, siswa, dan pencinta sastra dalam memahami variasi urutan peristiwa cerita pendek.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...