Celebes Education Review
Vol 3 No 2 (2021): Oktober 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI TARBIYAH TAKALAR

Amri Amal (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA disekolah dasar. Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan. Sebanyak 20 siswa kelas V MI Tarbiyah Takalar mengikuti penelitian ini. Observasi, pengujian, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik dan proses pengumpulan data dalam penelitian. Dalam analisis data digunakan prosedur analisis data kualitatif, seperti (a) reduksi data; (b) penyajian data; (c) penarikan kesimpulan; dan (d) verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan model pembelajaran CLIS selama proses pembelajaran yaitu dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam bertanya baik kepada guru maupun temannya tentang materi yang belum dipahaminya., dan ada hubungan interaksi antar teman. -tambahan teman agar pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA bertambah. Selain itu, dengan menggunakan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Tarbiyah Takalar, terbukti dengan persentase 60% termasuk dalam kategori tuntas dan 40% termasuk dalam kategori tidak tuntas pada Siklus 1, dan persentase 10% termasuk dalam kategori tidak tuntas, 90% dalam kategori tuntas pada Siklus 2, sebagaimana ditunjukkan perbandingan siklus 1 dan siklus 2 serta indicator keberhasilan dinyatakan terdapat peningkatan hasil belajar IPA kelas V melalui Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Education

Description

Celebes Education Review merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dengan proses peer review. Menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran, pendidikan vokasi, pengembangan kurikulum, supervisi/manajemen pendidikan, Psikologi Pendidikan ...