Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Ratna Natalia Mendrofa (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model examples non examples dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis. Data dianalisis dengan menggunakan statistika inferensial. Berdasarkan rata-rata hasil postest untuk tes kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh kelas eksperimen 80,30 sedangkan pada kelas kontrol 63,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan model examples non examples pada proses pembelajaran matematika lebh efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...