Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia

PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA KONTEKS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH WOMENPRENEUR MAIMA INDONESIA

Iris Fatia Maharani (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Dasrun Hidayat (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Indria Angga Dianita (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

AbstrakDigital marketing sudah terbukti sebagai salah satu cara yang efektif untuk memperluas jangkauan merek dan meningkatkan angka penjualan. Sayangnya, pemahaman atau literasi mengenai digital marketing terlihat belum tersebar secara merata, khususnya di lingkungan UMKM pengusaha perempuan atau womenpreneurs di Indonesia. Walaupun mereka dinilai akrab dalam menggunakan sosial media sebagai media berkomunikasinya, keakraban ini masih harus ditingkatkan dari segi penggunaan dalam mengembangkan strategi marketing usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kasus yang membuktikan keefektifan strategi digital marketing, bahkan di saat pandemi COVID-19 ini masih berlangsung. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, diambil melalui studi kasus terhadap perusahaan fesyen MAIMA Indonesia, yang bertempat di Bandung. Dimana proses pengambilan data dilakukan melalui wawancara virtual dengan pemilik merek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemilihan platform media sosial yang tepat dan pengelolaan konten yang baik dapat meningkatkan penjualan.  Kata-kata kunci: Digital marketing; media sosial; UMKM; womenpreneurs. AbstractDigital marketing has proven to be one of the most effective ways to expand brand reach and increase sales. Unfortunately, understanding or literacy regarding digital marketing does not seem to be spread evenly, especially in the MSME environment for women entrepreneurs or womenpreneurs in Indonesia. Although they are considered familiar in using social media as a medium of communication, this familiarity still has to be improved in terms of use in developing business marketing strategies. This study aims to show cases that prove the effectiveness of digital marketing strategies, even during the COVID-19 pandemic. The research method used in this study is a qualitative research with a descriptive approach, taken through a case study of the MAIMA Indonesia fashion company, which is located in Bandung. Where the data collection process is carried out through virtual interviews with brand owners. The results of this study indicate that choosing the right social media platform and managing content well can increase sales.  Keywords: digital marketing; MSMEs; social media; womenpreneurs.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...