Media pembelajaran bahasa Arab kini semakin mengalami perkembangan menyesuaikan dengan revolusi teknologi yang semakin canggih. Ditambah adanya pandemi covid-19 saat ini menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh, sehingga berbagai media yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh mulai bermunculan. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti salah satu inovasi media pembelajaran bahasa Arab melalui Instagram yaitu berbentuk microblog. Ada dua sumber data dalam penelitian ini, pertama data primer yaitu postingan microblog pada masing-masing akun Instagram yang menjadi subjek penelitian, dan data sekunder berasal dari artikel jurnal atau bahan bacaan terkait. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui postingan berbentuk microblog pada Instagram, pembelajaran bahasa Arab diyakini akan menjadi lebih menarik dan simple karena materi yang ditayangkan lebih sederhana. Desain visual pada microblog Instagram juga lebih kreatif dan inovatif, baik dari segi warna, teks, dan gambar pelengkap. Sebagaimana dalam contoh postingan microblog dari akun Instagram (1) @nahwu_pedia, (2) @kursus_arab_alazhar, (3) @dr.nahwu, (4) @bahasa.arabku, dan (5) @arabicquantum. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lain untuk menguji efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan microblog pada Instagram sebagai media pembelajaran.Kata Kunci: Microblog Instagram, Media Pembelajaran, Bahasa Arab
Copyrights © 2021