Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajaran kelompok belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada sebelum menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman Timur. Jenis penelitian ini adalah Pre – Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bonjol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan uji – t satu pihak. Hasil analisis tes akhir diperoleh dari uji hipotesis thitung = 1,96 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata = 0,05. Dari hasil thitung > ttabel maka H0 ditolak artinya H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah menerapakan model Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada sebelum menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman Timur.Kata Kunci : Hasil Belajar, Numbered Heads Together
Copyrights © 2021