Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 1 (2023): January

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Model Course Review Horay

Novita Rochmah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Setyawan Pujiono (Universitas Negeri Yogyakarta)
Wiyono (SD Keputran 1 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi gaya dan gerak menggunakan model course review horay pada kelas IV SDN Sonorejo, Jakenan, Pati.penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta dididk kelas IV SDN Sonorejo. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan kemampuan pemahaman konsep materi gaya dan gerak adalah rerata kelas memperoleh skor ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep materi gaya dan gerak selalu meningkat saat menggunakan model course review horay. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep materi gaya dan gerak pada peserta didik kelas IV SDN Sonorejo dari pra siklus 59,75, siklus I 72,22 dan siklus II 82,84. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model course review horay dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi gaya dan gerak peserta didik kelas IV SDN Sonorejo, Jakenan, Pati.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...