Psychocentrum Review
Vol 3, No 2 (2021): Psychocentrum Review

Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran E-Leraning terhadap Minat Belajar Mahasiswa

Natasia Chris Cahyani Girsang (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)
Habel Saud (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)
Yansen Alberth Reba (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini aitu untuk menganalisis persepsiĀ  mahasiswa tentang pembelajaran E-Learning terhadap minat belajar pada mahasiswa program studi bimbingan konseling di Universitas Cenderawasih. Penelitian ini menggunakan asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian ini mahasiswa BK 2016-2020 di universitas cenderawasih. Penentuan ukuran sampel diambil menurut tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dengan jumal sampel 89 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi pembelajaran oniline terhadap minat belajar pada mahasiswa, dimana p (sig) = 0,000<0,05. Adapun koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,362. Hal ini menunjukan bahwa variabel persepsi pembelajaran online berkontribusi terhadap minat belajar pada mahasiswa sebesar 36,2%. Hasil persepsi tentang pembelajaran e-learning sebesar 64.02% dari yang diharapkan dan minat belajar sebesar 68.05%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pcr

Publisher

Subject

Humanities Health Professions

Description

Psychocentrum Review focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to study of psychotherapy, counseling, ...