CV Pasti Jaya Houseware memiliki produk utama seperti kompor, magic com, kipas angin, panci, piring, gelas dan alat rumah tangga lainnya dimana toko ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen. Masalah yang terjadi pada CV Pasti Jaya Houseware adalah sulitnya mengetahui kecenderungan atau pola belanja pembeli terhadap produk-produk yang ada di CV Pasti Jaya Houseware. Menganalisis penjualan dan penempatan stok barang juga menjadi salah satu strategi penjualan yang dibutuhkan. Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan teknik penambangan data atau yang disebut data mining. Data mining merupakan suatu proses pengerukan atau pengumpulan informasi penting dari suatu data yang besar. Salah satu fungsi data mining adalah analisis asosiasi. Asosiasi mempunyai algoritma apriori untuk mencari hasil yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah produk piring memiliki keterkaitan yang cukup kuat dengan gelas dibandingkan barang lain yaitu dengan nilai support 60% dan confidence 100%. Barang-barang yang memiliki nilai confidence yang lebih tinggi akan diletakkan bersebelahan karena dengan tingginya nilai confidence antar kedua barang lebih memiliki kesempatan dibeli bersamaan yang tinggi juga.
Copyrights © 2021