Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Strategi Dakwah Dan Perkembangan Islam Di Indonesia UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII.A SMAN 1 Delima. Tujuan dalam Penelitian iniadalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran typeStudent Teams Achievement Division (STAD) pada materi Strategi Dakwah dan PerkembanganIslam kelas XII.A SMAN 1 Delima dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakanmodel pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian tindakankelas terdiri dari tiga siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Adapun hasil dari penelitian adalah Aktivitas guru dan siswa dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, II dan III, yang meliputi empat tahap dalam setiap siklusnya terdapat kemajuan yang signifikan. Guru menerapkan model STAD yang dimulai pada siklus II dan berakhir pada siklus III, siswa mengikuti rangkaian kegiatan keseluruhan siklus dengan semangat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD)meningkat, khususnya dalam penguasaan konsep materi untuk siswa. Terbukti dengan persentaseketuntasan belajar siklus I 45%, siklus II 70% dan Siklus III 95 %, hambatan-hambatan dalampenerapan Model STAD dapat diatasi dengan penentuan materi dan pembatasan materi. Setiapsiklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan penguasaan konsep PAI siswa.
Copyrights © 2021