Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2021): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Hubungan Intensitas Menonton Youtube Tasya Farasya terhadap Perilaku Imitasi pada Mahasiswa FIS UNP

Afshania Khaira (Unknown)
Ike Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan intensitas menonton Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku imitasi mahasiswa FIS UNP yang telah menonton Youtube Tasya Farasya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat seberapa besar hubungan antara intensitas menonton Youtube terhadap perilaku imitasi mahasiswa. Jenis penelitianyang digunakan ialahex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang tahun masuk 2017, 2018, 2019, 2020 yang telah menonton Youtube Tasya Fasraya yang terdaftar pada semester Januari hingga Juni 2021. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu: 1) variabel bebas: intensitas menonton Youtube (X), 2) variabel terikat: perilaku imitasi (Y). teknik analisis data yang digunakan ialah teknik korelasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21.0 for windows. Keabsahan data didapatkan dengan menggunakana uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji hipotesis dengan korelasi product moment diperoleh hasil perbandingan r hitung lebih besar dibandingkan r tabel dengan nilai r hitung 0,849> r tabel 0,1986 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan positif antara intensitas menonton Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku imitasi pada mahasiswa FIS UNP. Korelasi yang terjadi memiliki pola searah, ini terlihat dari tidak adanya angka minus (-) di depan angka 0,849. Arah hubungan positif menunjukkan semakin tinggi perhatian, frekuensi, intensitas dan durasi dalam menonton Youtube Tasya Farasya maka semakin tinggi pula perilaku imitasi pada mahasiswa FIS UNP yang telah menonton Youtube Tasya Farasya. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh informasi bahwa intensitas menonton Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku imitasi mahasiswa FIS UNP yang telah menonton Youtube Tasya Farasya sebesar 72,08% sisanya sebesar 27,92% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...